Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bojonegoro © 2014
LAKIP BPBD

A.       STRUKTUR ORGANISASI

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 11 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Lain Kabupaten Bojonegoro.  Bagan struktur Organisasi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro dapat digambarkan sebagai berikut :

 
   


 


B.    TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 

Tugas pokok Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro nomor 11 Tahun 2010 adalah :

  1. Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi serta rekonstruksi secara adil dan setara;
  2. Menetapkan standarisasi serta kebutuhan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  3. Menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana;
  4. Menyusun, menetapkan prosedur tetap penanganan bencana;
  5. Melaporkan penyelenggaraan, penanggulangan bencana kepada Kepala Daerah setiap bulan sekali dalam kondisi normal dan setiap saat dalam kondisi darurat bencana;
  6. Mengendalikan pengumpulan dan penyaluran uang dan barang
  7. Mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari APBD; dan
  8. Melaksanakan kewajiban lain sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.

 

            Untuk melaksanakan tugas sebagaimana di atas, BPBD Kabupaten Bojonegoro mempunyai fungsi :

  1. Perumusan dan Penetapan Kebijakan Penanggulangan Bencana dan Penanganan pengungsi dengan bertindak cepat dan tepat, efektif dan efisien;
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan Bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh.

 

BPBD Kabupaten Bojonegoro terdiri dari unsur pelaksana yaitu :

  1. Kepala Pelaksana BPBD
  2. Sekretaris
  3. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan
  4. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik
  5. Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi
  6. Kelompok Jabatan fungsional

Kepala Pelaksana BPBD mempunyai tugas melaksanakan penanggulangan bencana  yang meliputi pra bencana, saat tanggap darurat, dan pasca bencana secara terintegrasi.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Pelaksana BPBD juga mempunyai fungsi antara lain :

  1. Penyelenggaraan administrasi ketetausahan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
  2. Pemberian dukungan teknis, administrative dan operasional Pelaksanaan Penanggulangan Bencana;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh;
  4. Perumusan kebijakan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan bertindak cepat, tepat, efektif dan efisien;
  5. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala BPBD sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Sekretaris mempunyai tugas pengelolaan administrasi umum, kepagawaian, keuangan, perlengkapan, kerumahtanggaan, hokum, kelembagaan serta tugas-tugas hubungan masyarakat dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana BPBD. Untuk melaksanakan Tugas dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. Pengelolaan Urusan rumah tangga, perlengkapan, surat menyurat dan kearsipan serta pengelolaan, perbaikan, perawatan sarana dan prasarana kantor;
  2. Pelaksanaan pengkoordinasian urusan kepegawaian dan upaya peningkatan kemampuan serta kesejahteraan pegawai;
  3. Pengelolaan Tata Usaha keuangan, anggaran rutin dan anggaran pembangunan, laporan pertanggungjawaban serta pembayaran gaji dan pembayaran lainnya;
  4. Pengkoordinasian penyusunan program dan akuntabilitas laporan;
  5. Pemeliharaan kebersihan kantor, tugas keprotokolan dan perjalanan dinas;
  6. Pengelolaan produk hokum dan perundang-undangan;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas hubungan masyarakat;

 

 

 

  1. Pelaksanaan pelayanan teknis administrative kepada Kepala Pelaksana BPBD dan semua karyawan di Lingkungan BPBD;
  2. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana BPBD sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Seksi Pencegahan dan kesiapsiagaan mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan di bidang pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan pada pra bencana serta pemberdayaan masyarakat. Dalam melaksanakan tugas dimaksud, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan mempunyai fungsi :

  1. Perumusan Kebijakan di bidang pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan pada prabencana serta pemberdayaan masyarakat;
  2. Pengkoordinasian dan pelaksanaan kebijakan di bidang pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan pada prabencana serta pemberdayaan masyarakat;
  3. Pelaksanaan hubungan kerja dengan instansi atau lembaga terkait di bidang pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan pada prabencana serta pemberdayaan masyarakat;
  4. Pemantauan, evaluasi, dan analisis pelaporan tentang pelaksanaan kebijakan di bidang pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan pada prabencana serta pemberdayaan masyarakat;
  5. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana BPBD sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Seksi Kedaruratan dan Logistik mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan penanggulnagan bencana pada saat tanggap darurat dan dukungan logistik. Dalam melaksanakan tugas dimaksud, Kasi Kedaruratan dan Logistik mempunyai fungsi :

  1. Perumusan Kebijakan di bidang penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat, penanganan pengungsi dan dukungan logistik ;
  2. Pengkoordinasian dan pelaksanaan kebijakan di bidang penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat, penanganan pengungsi dan dukungan logistik ;
  3. Komando pelaksanaan penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat;
  4.  Pelaksanaan hubungan kerja di bidang penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat, penanganan pengungsi dan dukungan logistik ;
  5. Pemantauan, Evaluasi dan analisis pelaporan tentang pelaksanaan kebijakan di bidang penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat, penanganan pengungsi dan dukungan logistik ;
  6. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi mempunyai tugas membantu Kepala Pelaksana dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan di bidang penanggulangan bencana pada pasca bencana. Dalam melaksanakan tugas dimaksud, Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi memiliki fungsi :

  1. Perumusan Kebijakan di bidang penanggulangan bencana pada pasca bencana;
  2. Pengkoordinasian dan pelaksanaan kebijakan di bidang penanggulangan bencana pada pasca bencana;
  3. Pelaksanaan hubungan kerja di bidang penanggulangan bencana pada pasca bencana;
  4. Pemantauan, evaluasi, dan analisis pelaporan pelaksanaan kebijakan di bidang penanggulangan bencana pada pasca bencana;
  5. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana sesuai dengan bidang tugasnya

 

Sedangkan kelompok fungsional mempunyai tugas dan fungsi melakukan sebagian tugas teknik unsur pelaksana Penanggulangan Bencana sesuai dengan bidang keahlian dan kebutuhan yang berdasarkan beban kerja dan sesuai dengan peraturan perundanga-undangan yang berlaku.

 

 

C.    KONDISI PEGAWAI

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya BPBD Kabupaten Bojonegoro didukung oleh 14 orang yang terdiri dari : 1 (satu) orang Kepala Pelaksana, 1 (satu) orang Sekretaris, 3 (tiga) orang Kepala Seksi, dan 9 (Sembilan) orang Staf.

Sedangkan anggota Pemadam Kebakaran hingga Desember 2014 berjumlah 13 orang, sehingga total BPBD berjumlah 27 orang.

Jumlah pegawai berdasarkan golongan :

No.

Golongan

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

Gol IV/a

Gol. III /d

Gol. III /c

Gol. III /b

Gol. III /a

Gol. II/d          

Gol. II/c          

Gol. II/b          

Gol. II/a          

Gol. I/d

Gol. I/c

Gol. I/b

Gol. I/a           

1

3

-

3

1

-

1

9

-

2

-

2

-

-

1

-

1

-

1

1

1

-

-

-

-

-

1

4

-

4

1

1

2

10

-

2

-

-

-

 

JUMLAH TOTAL

22

5

27

 

 

 

D.    SARANA PRASARANA

Dalam Pelaksanaan kegiatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro didukung dengan Sarana dan Prasarana sebagai berikut :

No.

JENIS BARANG

KONDISI

JUMLAH SEMUA

KETERANGAN

Jml

Kondisi

1

2

3

4

5

1

Mobil Operasional

 

Baik

     2

unit

 

2

Mobil Dapur Umum

 

Baik

     1

unit

 

3

Mobil Rescue

 

Baik

     1

unit

 

4

Mobil PMK

 

Baik

     6

unit

 

5

Mobil Multiguna

 

Baik

     3

unit

 

6

Mobil Tangki

 

Baik

     5

unit

 

7

Mobil Truk Bak Kayu

 

Baik

     1

unit

 

8

Mobil Pick Up

 

Baik

     1

unit

 

9

Motor Trail

 

Baik

     3

unit

 

10

Motor Sport

 

Baik

     1

unit

 

11

Motor Bebek

 

Baik

     4

unit

 

12

Perahu Karet

1

Rusak

   11

unit

5 buah tanpa mesin, 7 dg mesin

13

Tenda Gulung

 

Baik

   15

unit

 

14

Tenda Peleton

 

Baik

     2

unit

 

15

Tenda Posko

 

Baik

     2

unit

 

16

Tenda Regu

 

Baik

     3

unit

 

17

Tenda Keluarga

 

Baik

     5

unit

 

18

Tenda Pengungsi

 

Baik

     2

unit

 

19

Seperangkat Komputer

 

Baik

     2

unit

 

20

 HT

5

didistribusikan

   25

unit

dibantukan 5 kec.

21

Projektor & Layar

 

Baik

     1

unit

 

22

GPS

 

Baik

     2

unit

 

23

Kamera

3

Rusak

     5

unit

 

24

Dispenser

 

Baik

     1

unit

 

25

Genset

 

Baik

     4

unit

 

26

SSB

 

Baik

     2

unit

 

27

RIG/VHF

 

Baik

     5

unit

 

28

Mesin Fax

 

Baik

     1

unit

 

 

 

1

2

3

4

5

29

Headlamp

 

Baik

     5

buah

 

30

Megaphone

 

Baik

     4

buah

 

31

Sepatu Boot

10

didistribusikan

   20

buah

untuk 5 kecamatan @ 2 pasang

32

Pelampung

62

dibantukan Tim SAR

 158

buah

60 untuk tim sar dan 2 untuk kec. Dander

33

Chainsaw

 

Baik

     5

buah

 

34

Gerobak Sorong

 

Baik

     5

buah

 

35

Sekop

 

Baik

     5

buah

 

36

Kantong Mayat

9

dipergunakan

 180

buah

untuk korban tenggelam

37

Ban Dalam utk pelampung

 

Baik

   20

buah

 

38

Pompa Air Apung

 

Baik

     2

unit

 

39

Water Treatment

1

Rusak

 -

unit

 

40

Velbed

 

Baik

   22

unit

 

41

Lampu Senter

 

Baik

     1

unit

 

42

Lampu Senter Selam

 

Baik

     4

unit

 

43

Lampu Shocklight

 

Baik

     2

unit

 

44

Tempat Evakuasi (TES)

 

Baik

     1

unit

 

44

Hidrant pilar

 

Baik

   12

unit

di kota, Baureno, Sumberrejo, Kalitidu (4) Dander, Kapas, Balen, Baureno, Purwosari, Padangan (8)

45

Peralatan Selam

 

Baik

     3

unit

 

46

Alat energi matahari

 

Baik

     2

unit

 

46

Perahu bermesin

4

Baik

 -

Unit

untuk masyarakat Ds. Guyangan, Sumbangtimun Kec. Trucuk, dan Ds.Kalisari, Tanggungan Kec. Baureno

 

 

 

BAB  II

PERENCANAAN KINERJA

 

Rencana Strategis dan Rencana Kinerja yang ingin dicapai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro pada Tahun 2014 sangat terkait dengan pencapaian visi dan misi organisasi serta dengan mengacu pada Rencana Strategis Kabupaten Bojonegoro.

  1. A.   RENCANA STRATEGIK

-           VISI

Visi adalah gambaran / cita-cita masa depan yang dipilihdan hendak diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan. Oleh karena itu visi juga merupakan suatu masa depan yang ingin diciptakan oleh sebuah organisasi atau badan yang dijelaskan pada masa sekarang seperti apabila gambaran tersebut terwujud pada saat ini sehingga visi dapat memberikan petunjuk ke arah mana kita menuju seperti apa keadaan yang kita menuju dan seperti apa keadaan yang kita jumpai ketika suatu saat kita tiba di sana.

Sebagai suatu badan yang menangani masalah Penanggulangan Bencana Daerah yang senantiasa dipengaruhi oleh banyak faktor  dan lingkungan yang bersifat strategik yaitu kondisi dan situasi yang serba berubah dengan cepat maka keberadaan BPBD Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu komponen penting bagi pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk menjawab sekaligus bertindak cepat, tepat, efektif dan efisien terhadap Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat.

Untuk itu guna mencapai maksud dan sebagai gambaran masa depan BPBD Kabupaten Bojonegoro yang dipilih dan ditetapkan adalah “Terwujudnya Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bojonegoro secara cepat, tepat, efektif dan efisien

Dari visi tersebut di atas, maka dapat di jelaskan bahwa BPBD Kabupaten Bojonegoro membentuk kelembagaan yang bukan saja tanggap kebencanaan tapi sekaligus mampu bersikap arif terhadap kondisi alam dan masyarakatnya.

-       MISI

Untuk mewujudkan Visi yang telah menjadi komitmen bersama, maka perlu disusun suatu misi yang harus direncanakan agar apa yang akan dicapai dapat terwujud dengan baik dan sebagai pedoman dalam membentuk misi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan Peningkatan Kapasitas BPBD dan Sumber Daya Manusia;
  2. Meningkatkan koordinasi dalam penanggulangan Bencana dengan Instansi terkait ;
  3. Melaksanakan Pemberdayaan dan Peningkatan Peran aktif Masyarakat dalam Penanganan Bencana ;

 

-      SASARAN STRATEGIK

Dalam rangka mencapai visi dan misi BPBD Kabupaten Bojonegoro menjabarkan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan efisien berupa pembuatan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Penetapan tujuan dan sasaran dari BPBD didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang telah ditetapkan, hal ini dilaksanakan agar BPBD sebagai suatu badan yang mampu mencapai tujuan dan sasarannya.

 Adapun tujuan BPBD Kabupaten Bojonegoro adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan tertib dan kelancaran administrasi perkantoran.
  2. Mewujudkan peningkatan kinerja aparatur BPBD dan peningkatan Pelayanan secara optimal kepada masyarakat
  3. Mewujudkan peningkatan Disiplin aparatur BPBD Kabupaten Bojonegoro
  4. Mewujudkan Pelaksanaan penanganan korban bencana alam dengan baik dan merata.

 

Dalam pencapaian tujuan pada BPBD Kabupaten Bojonegoro ditetapkan sasaran sebagai berikut :

  1. Sasaran dari tujuan mewujudkan tertib dan kelancaran administrasi perkantoran adalah meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran dengan indikator sasaran tertib administrasi perkantoran dapat terpenuhi.

 

 

  1. Sasaran dari tujuan mewujudkan peningkatan kinerja aparatur BPBD dan peningkatan Pelayanan secara optimal kepada masyarakat adalah meningkatnya kinerja aparatur BPBD serta pelayanan kepada masyarakat dengan indikator sasaran pemanfaatan gedung kantor dan kendaraan dinas/operasional.
  2. Sasaran dari tujuan mewujudkan peningkatan Disiplin aparatur BPBD Kabupaten Bojonegoro adalah meningkatnya disiplin Aparatur BPBD dengan indikator sasaran terwujudnya disiplin Aparatur BPBD.
  3. Sasaran dan tujuan mewujudkan Pelaksanaan penanganan korban bencana alam dengan baik dan merata adalah terwujudnya Penanganan korban bencana alam dengan baik dan merata.

 

-       ARAH KEBIJAKAN

Arah Kebijakan dari Pelaksanaan Kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah secara menyeluruh adalah dalam rangka pengurangan resiko bencana dan meminimalkan dampak yang ditimbulkan akibat bencana melalui :

  1. Peningkatan pemantapan kemampuan penanggulangan bencana serta sistem administrasi perkantoran yang efektif dan efisien
  2. Peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap penanggulangan bencana
  3. Peningkatan kinerja aparatur dalam penanggulangan bencana
  4. Peningkatan kemampuan dalam penanganan bencana serta penghitungan tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana.

 

  1. B.   RENCANA KINERJA TAHUNAN TAHUN 2014

1.  Rencana Kinerja Tahun 2014

Dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran terkait dengan visi dan misi, maka dilakukan upaya-upaya yang ditempuh melalui Program yang telah dipilih. Hal ini diharapkan agar dengan alternatif terpilih dari berbagai  program yang ada akan memperoleh hasil yang maksimal, efektif dan efisien.

Untuk Tahun 2014 ini, BPBD Kabupaten Bojonegoro telah menetapkan sasaran dan target yang ingin dicapai dapat dilihat pada Tabel 2.1 sebagai berikut :

 

 

TABEL 2. 1

RENCANA KINERJA BPBD KAB. BOJONEGORO TAHUN 2014

No.

Uraian Program

Capaian Program

 

Satuan

Rencana Tk. Capaian (Target)

1

2

3

4

5

1.

Pelayanan Administrasi Perkantoran

 

Tertib dan Lancarnya Pelaksanaan Administrasi Perkantoran

%

 

100 %

2.

Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

Meningkatnya kinerja aparatur BPBD serta pelayanan kepada masyarakat

%

 

100 %

 

3.

Peningkatan Disiplin Aparatur

Meningkatnya disiplin aparatur BPBD

%

100 %

4.

Program Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan bahaya Kebakaran

Terlaksananya Kegiatan Pendidikan dan pelatihan pertolongan serta  pencegahan kebakaran

%

100 %

5.

Pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam

Terlaksananya Penanganan Korban Bencana Alam dengan baik dan merata

%

100 %

 

 

2.  Rencana Anggaran Tahun 2014

Rencana Anggaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro sesuai APBD Tahun 2014 dapat dilihat pada Tabel 2.2 berikut :

TABEL 2.2

RENCANA ANGGARAN BPBD KAB. BOJONEGORO

TAHUN 2014

 

 
   
 

No.

Uraian Program

Anggaran (Rp.)

1

2

3

1.

 

Pelayanan Administrasi Perkantoran

 

      

995.655.000

 

2.

 

Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

 

       1.038.219.500

 

3.

 

Peningkatan Disiplin Aparatur

 

   

         55.130.000

 

4.

 

Program Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan bahaya Kebakaran

 

               

                 1.593.035.000

 

5.

 

Pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana

 

               

       1.685.972.500

 

Jumlah

 

4.768.688.000

 

 

 

 

  1. C.   PENETAPAN  KINERJA TAHUN 2014

Penetapan Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro sesuai APBD Tahun 2013 dapat dilihat pada Tabel 2.3 berikut :

Tabel 2.3

PENETAPAN KINERJA

TINGKAT SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH

Satuan Kerja Perangkat Daerah        :  Badan Penanggulangan Bencana Daerah

                                                                    (BPBD) Kabupaten Bojonegoro

Tahun Anggaran                                   :  2014

Sasaran strategis

Indikator Kinerja

Target

Program/Kegiatan

Anggaran (Rp)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

 

 

 

- Aparatur BPBD

 

 

 

 

 

 

  1. Tersedianya Jasa  Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

 

  1. Terpenuhinya pelayanan Pelaksanaan Perijinan Kendaraan  dalam pelaksanaan tugas pada SKPD

 

  1. Tersedianya  Jasa Administrasi Keuangan

 

  1. Tersedianya Jasa Kebersihan

 

  1. Tersedianya Alat Tulis Kantor

 

  1. Tersedianya Barang Cetakan dan Penggandaan

 

  1. Tersedianya Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor

 

  1. Tersedianya Peralatan dan Perlengkapan Kantor

 

  1. Tersedianya Bahan Bacaan dan peraturan perundang-undangan

 

 

  1. Tersedianya makan dan minum untuk tenaga bantu penanggulangan bencana

 

  1. Terlaksananya Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Ke Luar Daerah

 

  1. Tersedianya Jasa Tenaga Pendukung Administrasi Teknis Perkantoran

 

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

100 %

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

  1. I.   Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

 

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

 

  1. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Operasional

 

 

  1. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan

 

  1. Penyediaan Jasa Kebersihan

 

  1. Penyediaan Alat Tulis Kantor

 

  1. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

 

  1. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor

 

  1. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor

 

  1. Penyediaan Bahan Bacaan dan peraturan perundang-undangan

 

  1. Penyediaan Makanan dan Minuman

 

 

  1. Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Ke Luar Daerah

 

 

  1. Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung Admnistrasi Perkantoran

    

 995.655.000

       57.700.000

 

         27.000.000

 

 

 

 

       63.730.000

 

           29.450.000

            18.500.000

               12.125.000

 

 

      2.500.000

 

 

            250.850.000

 

             4.200.000

 

 

            197.700.000

 

 

 

136.800.000

 

 

 

69.900.000

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

 

  1. Terlaksananya Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Dalam Daerah
  2. Penyediaan Tenaga Penjaga Kantor

100 %

  1. Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Dalam Daerah

 

  1. Penyediaan Jasa Pengamanan Kantor

 

 59.500.000

 

 

65.700.000

 

 

 

 

-    Pemerintah, Swasta dan Masyarakat

 

 

 

 

 

  1. Terpeliharanya secara    rutin/berkala  gedung kantor

 

  1. Terpeliharanya secara rutin/berkala Kendaraan Dinas

 

  1. Terpeliharanya secara rutin/berkala peralatan gedung kantor

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

100 %

II. Program Peningkatan  Sarana dan Prasarana Aparatur

 

  1. Pemeliharaan rutin/berkala  gedung kantor

 

  1. Pemeliharaan rutin Kendaraan Dinas

 

  1. Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor

 

      1.038.219.500

        65.430.000

 

    937.789.500

 

          35.000.000

 

 

 

-   Aparatur BPBD

 

 

 

  1. Tersedianya Pakaian Dinas beserta kelengkapannya

 

  1. Tersedianya Pakaian khusus hari-hari tertentu

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

III.  Program Peningkatan Disiplin Aparatur

 

  1. Pengadaan Pakaian Dinas beserta kelengkapannya

 

  1. Pengadaan Pakaian khusus hari-hari tertentu

 

            55.130.000

 

          37.530.000

            17.600.000

 

 

 

 

 

-   Anggota PMK

 

 

 

 

 

  1. Terlaksananya Kegiatan Pendidikan dan pelatihan pertolongan serta  pencegahan kebakaran

 

  1. tersedianya sarana dan prasarana pencegahan bahaya kebakaran

 

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

IV.  Program Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan bahaya Kebakaran

 

  1. Kegiatan Pendidikan dan pelatihan pertolongan serta pencegahan kebakaran

 

 

  1. Pengadaan sarana dan prasarana pencegahan bahaya kebakaran

 

 

 

  993.711.000         

        138.286.000

 

 

 

 

 

855.425.000

 

 

 

 

-    Masyarakat Terdampak Bencana

 

 

 

 

  1. Terlaksananya kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam

 

  1. Terlaksananya Pembangunan Fasilitas Air Bersih untuk Rekontruksi Korban Pasca Bencana

 

  1. Tersedianya Sarana Prasarana Evakuasi Korban                                        Bencana

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

V.   Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam

 

  1. Kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam

 

 

  1. Pengadaan Sarana dan Prasarana Evakuasi Penduduk dari ancaman/korban bencana alam

 

  1. Pembangunan Fasilitas Air Bersih untuk Rekontruksi Korban Pasca Bencana

 

       1.685.972.500

       456.827.500

 

 

 

 

200.430.000

 

 

 

 

                1.028.715.000

 

 

Jumlah Anggaran                                                                          : Rp.  4.768.688.000,-

 

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran                    : Rp.     995.655.000,-  
  2. Program Peningkatan  Sarana dan Prasarana Aparatur   : Rp.  1.038.219.500,-
  3. Peningkatan Disiplin Aparatur                                                            : Rp.       55.130.000,-
  4. Program Peningkatan Kesiapsiagaan dan                           : Rp.     993.711.000,-

 Pencegahan bahaya Kebakaran

  1. Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan             : Rp.  1.685.972.500,-

 Korban Bencana Alam        

 

 

 

BAB III

AKUNTABILITAS  KINERJA

 

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Tahun 2014 tidak terlepas dari rangkaian mekanisme fungsi perencanaan yang sudah berjalan mulai dari Perencanaan Strategis (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ataupun Rencana Kinerja Tahunan (RKT), dan Penetapan Kinerja (PK) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, serta tidak terlepas dari pelaksanaan pembangunan itu sendiri sebagai fungsi Actuating dari berbagai piranti perencanaan yang sudah dibuat tersebut, hingga kemudian sampailah pada saat pertanggung jawaban pelaksanaan pembangunan yang mengerahkan seluruh sumber daya manajemen pendukungnya.

Pertanggungjawaban kinerja pelaksanaan pembangunan sifatnya terukur, terdapat standar pengukuran antara yang diukur dengan piranti pengukurannya. Pertanggung jawaban pengukuran yang diukur adalah kegiatan, program, dan sasaran, yang prosesnya adalah sejauh mana kegiatan, program dan sasaran dilaksanakan tidak salah arah dengan berbagai piranti perencanaan yang telah dibuat.

Adapun pengukuran Kinerja dilakukan dengan cara membandingkan target setiap Indikator Kinerja Sasaran dengan realisasinya. Setelah dilakukan penghitungan akan diketahui selisih atau celah Kinerja (performance gap). Selanjutnya berdasarkan selisih Kinerja tersebut dilakukan evaluasi guna mendapatkan strategi yang tepat untuk peningkatan Kinerja dimasa yang akan datang (performance improvement).

Dalam memberikan penilaian tingkat Capaian Kinerja setiap sasaran menggunakan skala pengukuran 4 (empat) kategori sebagai berikut :

Terdapat dua jenis skala penilaian pengukuran :

Bilamana Indikator Sasaran mempunyai makna progres positif, maka skala yang digunakan sebagai berikut :

 

 

Skor

Rentang Capaian

Kategori Capaian

4

Antara 95 sampai 100    

Sangat berhasil

3

75 % sampai 95 %

Berhasil

2

55 % sampai 75 %

Cukup berhasil

1

Kurang dari 55 %

Kurang/tidak berhasil

Sebaliknya bilamana Indikator Sasaran mempunyai makna progres negatif, maka skala yang digunakan sebagai berikut :

Skor

Rentang Capaian

Kategori Capaian

1

Antara 90 sampai 100

Kurang

2

75 % sampai 90 %

Cukup

3

55 % sampai 75 %

Berhasil

4

Kurang dari 55 %

Sangat Berhasil

 

  1. A.        CAPAIAN KINERJA ORGANISASI (SKPD)

Pengukuran kinerja Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tahun 2014 menggunakan metode yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

Hasil pengukuran kinerja beserta evaluasi setiap tujuan dan sasaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2014 disajikan sebagai berikut:

Misi 1

Melaksanakan Peningkatan Kapasitas BPBD dan Sumber Daya Manusia

Tujuan  :

Meningkatkan kemampuan personil  dan SDM pada Badan Penanggulangan Bencana

Sasaran

Mewujudkan tertib dan kelancaran administrasi perkantoran adalah meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran.

Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikan sebagai berikut :

No

Sasaran

Indikator

Satuan

Realisasi 2013

Target 2014

Realisasi 2014

Capaian/

%tase

Berhasil

Naik/

Turun

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1.

Mewujudkan tertib dan kelancaran administrasi perkantoran

Tertib administrasi perkantoran dapat terpenuhi.

%

 

 

100

100

 

100

100

Berhasil

naik

 

 

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel diatas

  • Sasaran Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran target yang ditetapkan 100% tercapai 100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian tahun 2013 tetap
  • Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

 

Misi 1

Melaksanakan Peningkatan Kapasitas BPBD dan Sumber Daya Manusia

Tujuan:

Mewujudkan peningkatan Disiplin aparatur BPBD Kabupaten Bojonegoro

Sasaran  :

Peningkatan kinerja aparatur BPBD dan peningkatan Pelayanan secara optimal kepada masyarakat adalah meningkatnya kinerja aparatur BPBD serta pelayanan kepada masyarakat.

Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikan sebagai berikut :

 

No

Sasaran

Indikator Sasaran

Satuan

Realisasi 2013

Target 2014

Realisasi 2014

Capaian/

%tase

Berhasil

Naik/

Turun

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

2.

Mewujudkan peningkatan kinerja aparatur BPBD dan peningkatan Pelayanan secara optimal kepada masyarakat

Pemanfaatan gedung kantor dan kendaraan dinas/operasional secara memadai.

%

100

100

100

100

Berhasil

naik

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel diatas

  • Sasaran Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran target yang ditetapkan 100% tercapai 100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian tahun 2013 tetap
  • Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

 

Misi 2

Meningkatkan koordinasi dalam penanggulangan Bencana dengan Instansi terkait

Tujuan  :

Mewujudkan peningkatan kinerja aparatur BPBD dan peningkatan Pelayanan secara optimal kepada masyarakat

Sasaran

Mewujudkan peningkatan Disiplin aparatur BPBD Kabupaten Bojonegoro

 

 

Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikan sebagai berikut :

No

Sasaran

Indikator Sasaran

Satuan

Realisasi 2013

Target 2014

Realisasi 2014

Capaian/

%tase

Berhasil

Naik/

Turun

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

3.

Mewujudkan peningkatan Disiplin aparatur BPBD Kabupaten Bojonegoro adalah meningkatnya disiplin Aparatur BPBD dengan

Terwujudnya disiplin Aparatur BPBD Kabupaten Bojonegoro.

%

100

100

100

100

Berhasil

naik

 

 

 

 

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel diatas

  • Sasaran Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran target yang ditetapkan 100% tercapai 100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian tahun 2013 tetap
  • Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Peningkatan Disiplin Aparatur

 

Misi 3

Melaksanakan Pemberdayaan dan Peningkatan Peran aktif Masyarakat dalam Penanganan Bencana

Tujuan  :

Mewujudkan Pelaksanaan penanganan korban bencana alam dengan baik dan merata

Sasaran

Mewujudkan pelaksanaan kesiap- siagaan dan Pencegahan bahaya Kebakaran

Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikan sebagai berikut :

No

Sasaran

Indikator Sasaran

Satuan

Realisasi 2013

Target 2014

Realisasi 2014

Capaian/

%tase

Berhasil

Naik/

Turun

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

 

4.

 

Mewujudkan pelaksanaan kesiap- siagaan dan Pencegahan bahaya Kebakaran

 

Terwujudnya penanganan dan pencegahan bahaya kebakaran secara baik da optimal

 

 

%

 

 

 

 

 

50 %

 

 

100

 

 

 

 

 

 

 

 

100

 

 

 

 

 

 

 

 

100

 

 

 

 

 

 

100

 

 

 

 

 

 

naik

 

 

 

 

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel diatas

  • Sasaran Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran target yang ditetapkan 100% tercapai 100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian tahun 2013 tetap

Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan bahaya Kebakaran

 

Misi 3

Melaksanakan Pemberdayaan dan Peningkatan Peran aktif Masyarakat dalam Penanganan Bencana

Tujuan  :

Mewujudkan Pelaksanaan penanganan korban bencana alam dengan baik dan merata

Sasaran

Mewujudkan Pelaksanaan kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana

 

Indikator kinerja, target dan reaslisasi dari sasaran ini disajikan sebagai berikut :

 

No

Sasaran

Indikator Sasaran

Satuan

Realisasi 2013

Target 2014

Realisasi 2014

Capaian/

%tase

Berhasil

Naik/

Turun

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

 

5.

 

Mewujudkan Pelaksanaan  kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana

 

 

Terwujudnya Penanganan korban bencana alam dengan baik dan merata.

 

 

%

 

 

 

 

 

100

 

 

 

 

 

 

 

100

 

 

 

 

 

 

 

100

 

 

 

 

 

100

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

naik

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan Hasil Pengukuran pada Tabel diatas

  • Sasaran Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran target yang ditetapkan 100% tercapai 100% jadi dapat disimpulkan capaian dari sasaran tersebut berhasil dan dibandingkan capaian tahun 2013 tetap
  • Strategi yang dilaksanakan untuk capaian kinerja tersebut dilakukan dengan Program Pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam

  

Pengukuran Kinerja dan Analisis atas Capaian

No

Sasaran

Indikator

Formula Indikator

Realisasi 2013

Target 2014

Realisasi 2014

Capaian/

%tase

Berhasil

Naik/

Turun

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

Pelayanan Administrasi   Perkantoran

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kegiatan Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas / Operasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyediaan Jasa Kebersihan kantor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyediaan Alat Tulis Kantor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyediaan Bahan Bacaan dan peraturan perundang-undangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Ke Luar Daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penyedia Jasa Tenaga Pendukung Administrasi / Teknis Perkantoran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Dalam Daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kegiatan Penyediaan Jasa Pengamanan Kantor.

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Peningkatan  Sarana dan Prasarana Aparatur

  1. Pemeliharaan rutin/berkala  gedung kantor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pemeliharaan rutin/berkala Kendaraan Dinas operasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pemeliharaan rutin/berkala peralatan gedung kantor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Peningkatan Disiplin Aparatur

  1. Pengadaan Pakaian Dinas beserta kelengkapannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pengadaan Pakaian khusus hari-hari tertentu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan bahaya Kebakaran

  1. Kegiatan Pendidikan dan pelatihan pertolongan dan pencegahan kebakaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pengadaan sarana dan prasarana pencegahan bahaya kebakaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam

  1. Kegiatan Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Evakuasi Penduduk dari Ancaman / Korban Bencana Alam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pembangunan Fasilitas Air Bersih untuk Rekontruksi Korban Pasca Bencana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Terpenuhinya jasa / rekening listrik

-    Hasil : terpenuhinya sumber daya listrik untuk operasional kantor

-    Manfaat : memperlancar tugas-tugas kantor/keamanan kantor

-    Dampak : kegiatan kantor menjadi lancar dan aman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Terpenuhinya Jasa Pemeliharaan dan Perijinan                                   Kendaraan Dinas/Operasional

-    Hasil : terpenuhinya pelayanan pelaksanaan perijinan kendaraan

-    Manfaat : memperlancar tugas-tugas kantor dan kebencanaan

 

 

 

-    Dampak : kegiatan kantor menjadi lancar dan aman

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Terpenuhinya jasa pejabat pengelola keuangan SKPD

-    Hasil : terpenuhinya tugas pejabat teknis dan administrasi keuangan pada SKPD

-    Manfaat : memperlancar kegiatan teknis dan administrasi SKPD

-    Dampak : Timbulnya semangat dan tanggung jawab kerja (Peningkatan Kinerja )

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Terpenuhinya Jasa Kebersihan Kantor

-    Hasil : terpenuhinya bahan/peralatan untuk kebersihan kantor

-    Manfaat : terjaganya Kebersihan dan kesehatan di tempat kerja

-    Dampak : Kantor menjadi bersih dan sehat

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Tersedianya alat tulis kantor

-    Hasil : terpenuhinya kebutuhan alat tulis untuk kegiatan kantor / SKPD

-    Manfaat : untuk memperlancar kegiatan administrasi dan teknis (pelaporan) SKPD

-    Dampak : memperlancar tugas kantor/tertib administrasi dan kegiatan

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Tersedianya barang cetakan dan penggandaan surat-surat dinas.

-    Hasil : terpenuhinya barang cetakan dan penggandaan surat dinas untuk memenuhi tertib administrasi dan teknis

-    Manfaat : memperlancar kegiatan administrasi dan teknis

-    Dampak : Kegiatan administrasi dan teknis SKPD menjadi kancar dan tertib

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Terpenuhinya kebutuhan akan jaringan dan lampu listrik kantor

-    Hasil : terpenuhinya / terpasangnya jaringan dan lampu listrikuntuk kantor.

-    Manfaat : untuk penerangan kantor dan sumber energy peralatan elektronik kantor

-    Dampak : kebutuhan energy listrik untuk kegiatan SKPD / kantor terpenuhi dan memperlancar tugas SKPD

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Tersedianya peralatan dan perlengkapan kantor

-    Hasil : terpenuhinya peralatan dan perlengkapan kantor.

-    Manfaat : untuk sarana / kelengkapan kerja SKPD

-    Dampak : pekerjaan / tugas-tugas Kantor / SKPD menjadi lancar

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : terpenuhinya kebutuhan bahan bacaan / Koran untuk karyawan kantor

-    Hasil : terpenuhinya kebutuhan bahan bacaan/surat kabar setiap hari untuk aparatur BPBD.

-    Manfaat : memenuhi kebutuhan informasi untuk aparatur BPBD

-    Dampak : Menambah wawasan dan informasi

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : penyediaan makan dan minum untuk petugas/ tenaga bantu penanggulangan bencana/ damkar

-    Hasil : terpenuhinya makan dan minum untuk petugas/ tenaga bantu penanggulangan bencana/ damkar

-    Manfaat : kelancaran kinerja petugas penanggulangan bencana

-       Dampak : Kegiatan petugas dapat dapat berjalan lancar, tepat sasaran/waktu

 

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : terpenuhinya kegiatan rapat dan koordinasi dengan instansi tingkat provinsi maupun pusat

-    Hasil : terpenuhinya kesepahaman / pemantapan koordinasi kegiatan SKPD

-    Manfaat : terjalin koordinasi kegiatan SKPD sehingga dapat terlaksana dengan lancar

-    Dampak : Kegiatan SKPD dapat terlaksana dengan lancar, tepat sasaran/waktu

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : tersedianya jasa tenaga pendukung administrasi teknis perkantoran

-    Hasil : terpenuhinya jasa tenaga pendukung administrasi teknis perkantoran

-    Manfaat : terlaksananya kegiatan administrasi SKPD

-    Dampak : Kegiatan SKPD dapat terlaksana dengan lancar, tepat sasaran/waktu

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Terpenuhinya kegiatan rapat koordinasi, konsultasi, monitoring kegiatan dalam daerah

-    Hasil : terjalin kesepahaman dalam pelaksanaan tugas .

-    Manfaat : meningkatnya kemudahan / kelancaran proses kegiatan SKPD

-    Dampak : Kegiatan SKPD di lapangan dapat berjalan lancar sesuai rencana

 

-    Masukan : Dana

-    Keluaran : Penyediaan Tenaga Penjaga Kantor

-    Hasil : Keamanan Kantor dan lingkungan

 

-    Manfaat : terjaganya Keamanan Kantor dan lingkungan BPBD

-       Dampak : Kinerja BPBD dapat berjalan lancar dan aman

 

 

 

 

 

 

-     Masukan : Dana

-     Keluaran: Terpenuhinya kebutuhan perlengkapan gedung kantor

-     Hasil : terpenuhinya barang-barang perlengkapan gedung kantor dan operasional kegiatan SKPD

-     Manfaat : memperlancar kegiatan operasional kantor / SKPD

-     Dampak : kegiatan operasional berjalan lancar sesuai kbutuhn

 

-       Masukan : Dana

-       Keluaran : Pemeliharaan kendaraan dinas berjalan lancar sesuai kebutuhan.

-       Hasil : Kendaraan Dinas operasional terawat dengan baik

-       Manfaat : untuk kelancaran operasional kegiatan SKPD

-       Dampak : kendaraan Dinas siap dioperasikan sesuai kebutuhan

 

-       Masukan : Dana

-       Keluaran : Terpenuhi kegiatan pemeliharaan peralatan gedung kantor

-       Hasil : peralatan gedung kantor terpelihara dengan baik

-       Manfaat : memperlancar kegiatan operasional SKPD

-       Dampak : terawatnya peralatan gedung kantor sebagai pendukung kegiatan SKPD

 

 

 

-       Masukan : Dana

-       Keluaran : Terpenuhinya pengadaan pakaian Dinas untuk karyawan/karyawati

-       Hasil : terpenuhinya kebutuhan pakaian Dinas untuk karyawan/karyawati

-       Manfaat : untuk menunjang kegiatan dan kinerja karyawan/karyawati

-       Dampak : peningkatan  kinerja aparatur

 

-       Masukan : Dana

-       Keluaran : Terpenuhinya pengadaan pakaian dinas untuk karyawan/karyawati

-       Hasil : terpenuhinya kebutuhan pakaian olah raga untuk karyawan/karyawati

-       Manfaat : untuk menunjang kegiatan olah raga / kesehatan karyawan/karyawati

-       Dampak : peningkatan  keseharan aparatur

 

 

 

 

 

 

-   Masukan : Dana

-   Keluaran : Terpenuhinya kegiatan Pendidikan dan pelatihan pertolongan dan pencegahan kebakaran

-   Hasil : terlaksananya Kegiatan Pendidikan dan pelatihan pertolongan dan pencegahan kebakaran dengan jumlah peserta 53 orang.

-   Manfaat : Meningkatkan kemampuan anggota PMK dan peserta pelatihan dalam upaya penanganan bencana kebakaran.

-   Dampak :  Anggota PMK lebih responsif dalam penanganan bencana kebakaran

 

-       Masukan : Dana

-       Keluaran : Terpenuhinya pengadaan sarana dan prasarana pencegahan bahaya kebakaran

-       Hasil : terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana pencegahan bahaya kebakaran

-       Manfaat : untuk menunjang kegiatan dan kinerja PMK

-       Dampak : peningkatan  kinerja PMK dalam menjalankan tugasnya.

 

 

 

 

 

 

-   Masukan : Dana

-   Keluaran : Terpenuhinya kegiatan pemantauan dan penyebarluasan informasi potensi bencana

-   Hasil :

Peserta pembekalan petugas penanggulangan bencana 60 orang

-     Manfaat : petugas lebih paham tentang penanggulangan bencana dan pertolongan terhadap korban

-     Dampak : munculnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana

 

-       Masukan : Dana

-       Keluaran : Tersedianya Sarana Prasarana Evakuasi Korban  Bencana

-       Hasil : pengadaan perahu bermesin untuk sarana pertolongan borban bencana

-       Manfaat : untuk kelancaran distribusi bantuan dan pertolongan korban bencana

-       Dampak : korban bencana dapat segera menerima pertolongan dan bantuan

 

 

-       Masukan : Dana

-       Keluaran : Terpenuhinya kebutuhan fasilitas air bersih untuk korban kekeringan

-       Hasil : terbangunnya tandon air bersih dan pengadaan truk tangki untuk korban kekeringan

-       Manfaat : untuk kelancaran distribusi bantuan / air bersih

-       Dampak : pemenuhan kebutuhan air bersih korban kekeringan menjadi lancar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

52,86 %

100%

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

100 %

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

99,92 %

100%

 

 

100%

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

96,21 %

100 %

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

98,93 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

100%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

96,20 %

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

100 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

99,94 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

69,76 %

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

99,27 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

99,11 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

19,68 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

96,41 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

42,57 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

70%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

20,82%

50 %

 

 

 

 

 

50 %

 

 

 

 

 

 

 

50 %

 

 

 

 

 

50 %

 

 

 

 

38,34 %

50 %

 

 

 

 

 

50 %

 

 

 

 

50 %

 

 

50 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

68,50 %

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

96,14 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 paket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

84 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

178 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

53 stel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

88 stel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 keg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 paket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 unit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16 unit tandon

2 unit truk tangki

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 paket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bln

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

84 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

178 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

53 stel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

88 stel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 keg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 paket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 unit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16 unit tandon

2 unit truk tangki

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90,49 %

100%

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

79,42  %

100%

 

 

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

 

 

 

100%

 

 

100%

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

 

95,72%

100%

 

 

100%

 

 

100%

 

 

 

100%

 

 

 

97,40%

100 %

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

98,52%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

100,00 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

95,80%

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

100,00 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

96,38 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

99,66%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

98,50%

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

99,97%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

99,91 %

100 %

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

97,88%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

94,98%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

99,68%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

98,02%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

97,73%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

92,84%

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

92,99%

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

96,51%

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

99,34 %

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

80,28%

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tetap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Turun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Turun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tetap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Turun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tetap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Turun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Turun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Turun

 

Dalam penggunaan Belanja Langsung, terealisasi sebesar Rp. 4.396.751.901,-      ( Empat Milyar Tiga Ratus Sembilan Puluh Enam Juta Tujuh  Ratus Lima Puluh Satu Ribu Sembilan Ratus Satu Rupiah ) dari pagu dana sebesar Rp. 4.768.688.000,- (Empat MilyarTujuh Ratus Enam Puluh Delapan Juta Enam  Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah ) atau terserap sebesar 92,20 persen. Dengan begitu terdapat sisa dana sebesar   Rp. 371.936.099,- (Tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh  Enam Ribu  Sembilan Puluh Sembilan Rupiah). Tidak terserapnya dana secara keseluruhan tersebut karena adanya sisa penyerapan atas pembelian barang dan jasa, kegiatan/belanja rutin yang tidak terserap seluruhnya, serta adanya sisa dari nilai kontrak terhadap  pengadaan barang dan jasa.

 

Indikator Kinerja Utama yang tercantum dalam RPJMD

 

VISI :

“Terwujudnya Pondasi Bojonegoro Sebagai Lumbung Pangan dan Energi Negeri yang Produktif, Berdaya Saing, Adil, Sejahtera, Bahagia dan Berkelanjutan

 

No.

SASARAN

INDIKATOR KINERJA SASARAN

RUMUS

TAHUN 2012

KONDISI AWAL RPJMD 2013

TARGET INDIKATOR KINERJA SASARAN TAHUN

KONDISI AKHIR RPJMD

2014

2015

2016

2017

2018

Misi 4 : Mewujudkan kualitas lingkungan hidup bersih dan nyaman

 

  1. Tertanganinya bencana alam banjir, kekeringan dan dampak perubahan iklim lainnya

 

 

 

Presentase korban bencana alam yang dievakuasi dengan menggunakan sarana dan prasarana tanggap darurat (%)

Jumlah korban bencana yang dievakuasi dengan menggunakan sarana prasarana prsarana tanggap darurat lengkap dalam 

1 tahun   x 100 %

yang seharusnya devakuasi dengan menggunakan sarana prasarana tanggap darurat dalam 1 thn

275.000.000

292.415.000

550.395.000

605.343.500

665.977.950

732.575.745

805.833.320

 

 

14 x 100 %

22

= 63,64 %

 

 

17 x 100 %

22

= 77,27 %

Peningkatan :

13,63 %

 

 

 

 

20 x 100%

24

= 83,34 %

Peningkatan :

6,07 %

 

 

23 x 100%

26

= 88, 46 %

Peningkatan :

5, 12  %

 

 

25 x 100%

28

= 89,28  %

Peningkatan :

0, 82 %

 

 

27 x 100%

29

= 93,10 %

Peningkatan :

3, 82 %

 

 

30 x 100%

30

= 100 %

Peningkatan :

6,90 %

 

 

100 %

 

 

 

 

  1. Meningkatnya kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat dalam upaya mengurangi resiko bencana dan perubahan iklim

Prosentase korban bencana alam yang menerima bantuan sosial selama masa tanggap darurat

Jumlah korban bencana dalam 1 tahun yang menerima bantuan sosial selama masa   

Tanggap darurat   x 100 %

yang seharusnya menerima bantuan sosial selama masa tanggap darurat

275.000.000

292.415.000

550.395.000

605.434.500

665.977.950

732.575.745

805.833.320

3.652.631.515

 

18935 x 100 %

28733

 

= 65,90 %

 

84699 x 100 %

86802

 

= 97,75 %

 

Peningkatan : 31,67 %

 

 

32756 x 100%

33492

 

= 97,80 %

 

Peningkatan :

0.05 %

 

31118 x 100%

31817

 

= 97,80 %

 

Peningkatan :

0  %

 

29562 x 100%

30000

 

= 98,54  %

 

Peningkatan :

0, 74 %

 

28083 x 100%

28200

 

= 99, 58 %

 

Peningkatan :

0,04  %

 

27278 x 100%

27278

 

= 100 %

 

Peningkatan :

0.42 %

 

 

100 %

 

 

 

 

Cakupan pelayanan bencana kebakaran (%)

 Jangkauan luas WKM

                                    x 100%   

 Luas Wilayah Kabupaten

877.675.000

619.465.000

482.545.000

530.799.500

583.879.450

642.267.395

706.494.135

3.565.450.480

 

200.530 x 100 %

2.384.002

 

8,41 =   %

 

 

250.097 x 100 %

2.384.002

 

= 10,49 %

Peningkatan :

2,08 %

 

 

418.170 x 100%

2.384.002

 

= 17,54 %

Peningkatan :

7,05 %

 

620.009x 100%

2.384.002

 

= 26,07 %

Peningkatan :

8,53 %

 

1.054.015 x 100%

2.384.002

 

= 44,21%

Peningkatan :

18.14 %

 

1.791.825 x 100%

2.384.002

 

= 75,16 %

Peningkatan :

30,09 %

 

2.239.781 x 100%

2.384.002

 

= 93,95  %

Peningkatan :

18,79 %

 

 

93,95 %

 

 

B. Realisasi Anggaran

 

No

Program/ kegiatan

Kegiatan

Anggaran

Ket

Target

Capaian

%

Pagu

Realisasi

%

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik
  2. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan perijinan kendaraan
  3. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan
  4. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor
  5. Penyediaan Alat Tulis Kantor
  6. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan
  7. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan Kantor
  8. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
  9. Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan

10. Penyediaan Makanan dan Minuman

11. Rapat-rapat koordinasi dan Konsultasi Keluar Daerah

12. Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung administrasi teknis perkantoran

13. Rapat Koordinasi dan Konsultasi Dalam Daerah

14. Penyediaan Jasa Pengamanan Kantor

 

Program Peningakatan Sarana dan Prasarana Aparatur

  1. Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor
  2. Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional
  3. Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor

 

Program Peningkatan Disiplin Aparatur

  1. Pengadaan Pakaian Dinas Beserta Kelengkapannya
  2. Pengadaan Pakaian Khusus Hari-Hari Tertentu

 

 

 

Program Peningkatan Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bahaya Kebakaran

  1. Kegiatan Pendidikan dan pelatihan pertolongan dan pencegahan kebakaran
  2. Pengadaan sarana dan prasarana pencegahan bahaya kebakaran

 

Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam

  1. Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana Alam
  2. Pengadaan Sarana dan Prasarana Evakuasi Penduduk dari ancaman/korban bencana alam

 

 

 

  1. Pembangunan Fasilitas Air Bersih Untuk Rekonstruksi Korban Pasca Bencana

 

 

 

 

12 bln

 

12 bln

 

12 bln

 

12 bln

12 bln

 

12 bln

 

 

12 bln

 

1 paket

 

52 ming

 

12 bln

 

84 kali

 

 

12 bln

 

178 kali

 

12 bln

 

 

 

 

12 bln

 

12 bln

 

12 bln

 

 

 

53 unit

 

 

88 unit

 

 

 

 

 

 

1 keg

 

 

1paket

 

 

 

 

 

 

2 keg

 

16 unit tandon

2 unit truk tangki

 

 

 

1 paket

 

 

 

12 bln

 

12 bln

 

12 bln

 

12 bln

12 bln

 

12 bln

 

 

12 bln

 

1 paket

 

52 ming

 

12 bln

 

84 kali

 

 

12 bln

 

178 kali

 

12 bln

 

 

 

 

12 bln

 

12 bln

 

12 bln

 

 

 

53 unit

 

 

88 unit

 

 

 

 

 

 

1 keg

 

 

1 paket

 

 

 

 

 

 

2 keg

 

16 unit tandon

2 unit truk tangki

 

 

 

1 paket

 

 

 

 

 

 

100 %

 

100 %

 

100 %

 

100 %

100 %

 

100 %

 

 

100 %

 

100 %

 

100 %

 

100%

 

100 %

 

 

100 %

 

100 %

 

100 %

 

 

 

 

100 %

 

100 %

 

100 %

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

 

 

 

100 %

 

 

100 %

 

 

 

995.655.000

       57.700.000

 

   27.000.000

              63.730.000

          29.450.000

 18.500.000

 

12.125.000

 

 

      2.500.000

            250.850.000

             4.200.000

 

197.700.000

 

  136.800.000

 

          69.900.000

 

59.500.000

                 65.700.000

 

1.038.219.500

              65.430.000

        937.789.500

            35.000.000

 

 

   55.130.000          37.530.000

 

            17.600.000

 

 

 

 

993.711.000        

 

        138.286.000

 

 

855.425.000

 

 

 

1.685.972.500

 

       456.827.500,-

 

 

 

200.430.000,-

 

 

 

 

                1.028.715.000

 

 

963.408.960

 

52.213.716

 

    21.444.600

 

63.730.000

           

28.190.000

18.019.844

 

 11.945.000

 

 

      2.500.000

 

240.304.500

 

      4.200.000

 

190.550.000

 

136.341.300

 

 

68.850.000

 

59.480.000

           65.640.000

 

989.625.075

 

64.040.000

 

890.698.075

 

  34.887.000

 

 

53.987.300

36.787.300

 

                   17.200.000

 

 

 

923.883.500

 

 

128.390.500

 

 

795.493.000

 

 

 

1.465.847.066

 

 

440.888.066,-

 

 

 

199.100.000,-

 

 

 

 

 

825.859.000

 

 

 

 

90,49%

 

79,42%

 

100,00%

 

95,72%

97,40%

 

98,52 %

 

 

100%

 

95,80 %

 

100,00%

 

96,38 %

 

99,66%

 

 

98,50%

 

99,97%

 

99,91 %

 

 

 

97,88%

 

94,98%

 

99,68%

 

 

 

98,02%

 

 

97,73%

 

 

 

 

 

 

 

92,84%

 

 

92,99%

 

 

 

 

 

 

96,51%

 

 

 

99,34%

 

 

 

 

 

80,28%

 

 

Jumlah

4.768.688.000

4.396.751.901

92,20 %

 

 

 

 

BAB IV

 

PENUTUP

 

 

 

  1. A.       KESIMPULAN

Berdasarkan peta wilayah, Kabupaten Bojonegoro berada di sepanjang aliran Bengawan Solo. Dengan kondisi tersebut wilayah Bojonegoro diprediksi cukup rentan dengan bencana banjir Bengawan Solo dan banjir bandang. Selain telah menjadi peristiwa rutin yang terjadi setiap tahun, penyebab bencana banjir adalah karena curah hujan yang cukup tinggi di daerah hulu dan kontribusi lokal dari anak sungai Bengawan Solo. Sedangkan penebangan liar di hutan wilayah selatan Bojonegoro memiliki andil besar terhadap kerawanan bencana banjir bandang

Dari kondisi Bojonegoro tersebut, secara umum dan arti harfiah dapat diuraikan bahwa bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Dalam menyikapi upaya pembangunan daerah yang merupakan pelaksanaan Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 serta Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 11 Tahun 2010, tentang Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro, karena Kabupaten Bojonegoro merupakan Daerah Rawan Bencana, maka dipandang perlu membentuk suatu lembaga yang menangani masalah penanggulangan bencana di daerah. Penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah serangkaian upaya yang mencakup tugas dan fungsi yang meliputi penetapan kebijaksanaan pembangunan yang beresiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat serta kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Berdasarkan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bojonegoro Tahun Anggaran 2014, tampak bahwa :

 

 

  1. Masih adanya kekurangan untuk data dan dokumentasi foto kejadian bencana dari desa maupun kecamatan
  2. Belum akuratnya penilaian data kerusakan dan kerugian akibat bencana dari segi material (rupiah) sehingga masih terdapat kesulitan dalam penentuan santunan 
  3. Masih adanya kekurangpahaman dari kecamatan terhadap jenis-jenis bencana dan korban yang dapat diberikan santuanan sebagaimana Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2012 tentang Besaran Bantunan dan Santunan terhadap Korban Bencana
  4. Terbatasnya jumlah personil, khususnya yang berstatus PNS sehingga terdapat kesulitan dan kurangnya tenaga administrasi keuangan serta untuk tenaga di lapangan terhadap penanganan bencana secara langsung serta personil yang mengerjakan pendataan kejadian bencana di posko. Saat ini jumlah personil di BPBD sebanyak 27 orang, dengan rincian 14 untuk BPBD dan 13 orang tenaga PMK masih sama dengan tahun 2013
  5. Masih kurang memadainya gudang untuk menyimpan peralatan dan logistik penanggulangan bencana.

 

SOLUSI

  1. Melakukan pemantauan secara langsung di lokasi kejadian bencana dengan keterbatasan jumlah personil
  2. Meningkatkan kemampuan personil BPBD dalam pengetahuan penanggulangan bencana, khususnya pelatihan tentang cara perhitungan kerusakan bencana (Damage and Loses)
  3. Terus menerus memberikan pemahaman tentang Penyampaian Laporan kepada semua Camat dan jajarannya baik dengan mengirimk copi Peraturan Bupati tentang Santunan maupun memberikan jawaban secara tertulis kepaa Camat terhadap laporan kejadian bencana yang tidak memungkinkan diberikan santunan
  4. Digelarnya sosialisasi tentang penanggulangan bencana pada setiap kesempatan dan memberikan pemahaman secara langsung terhadap bencana dan prosedur penanganan serta pemberian bantuan/santunan
  5. Dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengurangan resiko bencana sehingga masyarakat memiliki kemandirian terhadap penanganan bencana.
  6. Penyampaian kepada semua lembaga terhadap pengurangan resiko bencana dan kepedulian terhadap bencana sehingga keterkaitan antara pemerintah, swasta dan masyarakat terhadap penanganan bencana menjadi lebih kuat
  7. Secara periodik melakukan pelatihan tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Kabupaten Bojonegoro.
  8. Dilakukan penyaluran bantuan sembako kepada desa terdampak bencana pada saat siaga darurat sehingga terdapat kesiapsiagaan masyarakat terhadap penanganan bencana khususnya dalam pemenuhan bahan makanan dan dukungan logistik untuk dapur.
  9. Lebih cermat dalam merencanakan anggaran baik keuangan maupun kegiatan

 

 

Bojonegoro,         Januari 2015

KEPALA PELAKSANA

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

KABUPATEN BOJONEGORO

 

 

 

 

ANDIK SUDJARWO, S.STP.MSi

Pembina

NIP. 19770129 199612 1 001