Semburan Lumpur Desa Jari Kecamatan Gondang

pada Hari Minggu tgl 10 April 2016  telah dilaksanakan peninjauan semburan lumpur lahan Perhutani tepatnya petak 172 kemantren Sukun BKPH Gondang KPH Bojonegoro bersama  fihak Kecamatan Gondang. Beberapa yang dapat disampaikan :

1. Kronologi kejadian  pada hari kamis tgl 7 April 2016 jam 03.00 pagi , saksi Dasiyo  pada saat itu menunggui jagung  dan mendengar suara gelegar dilokasi dan saat itu dicari dan ada semburan di 1 titik .

2. Adapun lokasi semburan berada di tanah garapan nama Darim alamat jari rt 02  desa Jari yang ditanami Padi .

3. Pada hari minggu tgl 10 April 2016 titik semburan  menjadi 4 lokasi dengan mengeluarkan lumpur bercampur air dan berbau  belerang namun  masih dalam satu area dengan debit semburan mencapai 1 ltr / detik .

4. Dampak yang ditimbulkan tercemarnya lahan pertanian di lokasi sekitar 2 ha meliputi tanaman jagung dan padi sekitar 0,25 ha yang kemungkinkan akan gagal panen .

5. Dampak yang lebih besar tercemarnya sungai kramat desa jari yang mengakibatkan  150 Kk yg pada bulan Mei s/d Juni musim tanam bawang merah seluas 50 ha akan mengalami kesulitan air untuk pengairan apabila  sampai bulan tsb masih ada semburan .

6. Muara dari sungai kramat  desa jari akan sampai di waduk pacal namun karena di sungai Gondang merupakan pertemuan dari sungai senganten dan sungai kramat jari maka air di sungai gondang pada saat ini tidak keruh .

7. Tindakan yang diambil berkoordinasi dengan perangkat Desa menyarankan agar membuat saluran air yang lebih pendek agar tidak mengenangi persawahan di lokasi semburan serta menghimbau agar memasang papan peringatan agar pengunjung  tidak mendekat  di lokasi semburan (BPBD)

       
       

 

 


By Admin
Dibuat tanggal 14-04-2016
562 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
60 %
Puas
20 %
Cukup Puas
20 %
Tidak Puas
0 %