BPBD Data Korban Banjir di Desa Samberan
Hujan yang terjadi sejak semalam membuat anak sungai ingas di Desa Samberan Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro meluap. Seperti pantuan BPBD dilapangan pukul 09.00 WIB. Luapan Kali Ingas masih menggenangi 8 RT di Dusun Samberan Kecamatan Kanor yakni mulai RT, 1 sampai dengan RT 8. Dari 8 RT dua RT Yakni RT 7 dan 8 luapan sungai ingas menggenangi pemukiman warga.
Sekretaris Desa Samberan Kecamatan Kanor Arif Rokhman ketika dikonfirmasi dilapangan menyebutkan bahwa hujan membuat kali ingas meluap. Sekitar pukul 04.00 WIB air mulai masuk dipekarangan warga dan rumah warga. Untuk rumah kebanyakan adalah bagian dapur dan beberapa diantaranya masuk hingga keseluruh sudut rumah. Sedangkan areal pertanian memang tergenang namun sebagian besar sudah selesai masa panen. Arif Rokhman menuturkan bahwa untuk wilayah Samberan jarang terdampak banjir dan dari beberapa tahun baru kali ini. Ketinggian air yang menggenangi, lanjut Arif, bervariasi namun kebanyakan adalah menggenangi pekarangan dan jalan desa serta beberapa pemukiman warga.  Jumlah KK terdampak banjir mencapai 42 KK dengan rincian, 15 KK di RT 8, 11 KK di RT 7, 2 KK di RT 6, 4 KK di RT 5 dan masing masing 8 KK di RT 1 dan 2 KK di RT 2
Sementara itu pantauan dilapangan yang dilakukan BPBD Bojonegoro  pada Pukul 09.00 WIB di wilayah RT 7 dan 8 ketinggian air baik yang menggenangi jalan lingkungan, jalan desa, pekarangan dan pemukiman penduduk mulai surut. Diwilayah RT 8 masih ada sekitar 4 KK yang rumahnya masih tergenang, salah satunya adalah Mbah Sumijah warga RT 08 RW 01 Dusun Samberan Desa Samberan . Perempuan berusia 80 tahun ini enggan diungsikan kerumah kerabatnya dengan alasan menjaga rumah peninggalan suaminya dan memilih tetap tinggal di dalam rumah yang terendam hingga selutut orang dewasa. BPBD, Satpol PP, TNI dan Perangkat Desa butuh beberapa saat agar nenek Sumijah mau diungsikan di rumah salah satu kerabatnya.


By Admin
Dibuat tanggal 21-05-2019
337 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
60 %
Puas
20 %
Cukup Puas
20 %
Tidak Puas
0 %